Tuesday, 30-11-21
Pertanyaan Saat Survey Pinjaman
Pertanyaan Saat Survey Pinjaman

Jenis Pertanyaan Saat Survey Pinjaman Beserta Tips Menjawabnya

Saat akan mengajukan pinjaman, biasanya ada beberapa pertanyaan yang diajukan oleh perusahaan yang menyediakan dana. Pertanyaan saat survey pinjaman ini biasanya digolongkan dalam beberapa kategori. Tujuan memberikan pertanyaan seperti ini adalah untuk mengetahui kondisi keuangan dan latar belakang calon peminjam.

Setiap calon peminjam dana pasti akan mendapat pertanyaan-pertanyaan serupa. Untuk menghadapi hal tersebut, juga ada tips-tips yang bisa dilakukan. Berbagai penjelasan mengenai pertanyaan dan tips menghadapinya akan dijelaskan di bawah ini. Penasaran bagaimana detailnya? Simak uraian berikut ini:

Jenis Pertanyaan

Pertanyaan Saat Survey Pinjaman

Pihak penyedia dana pastinya harus tahu dulu bagaimana kondisi keuangan orang yang akan dipinjami dananya. Untuk itu, ada beberapa jenis pertanyaan yang akan diajukan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan digolongkan dalam tiga jenis berbeda. Berikut adalah daftarnya beserta dengan penjelasannya:

1. Golongan Pekerjaan

Hal pertama yang ingin diketahui oleh penyedia dan adalah soal pekerjaan. Jika peminjam tidak memiliki pekerjaan tetap, biasanya tergolong dalam orang yang kurang dipercaya bisa melunasi uang yang dipinjam. Maka dari itu, hal ini biasanya ditanyakan secara detail oleh penyedia dana yang akan meminjami.

2. Besaran Gaji

Hal lain yang pasti ditanyakan adalah besaran gaji yang didapat setiap bulan. Pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui apakah pinjaman yang diinginkan sepadan dengan uang yang dihasilkan. Jika sepadan, pastinya calon peminjam lolos pada jenis pertanyaan ini. Namun jika sesuai, maka pihak penyedia dana akan kesulitan meminjamkan dananya.

3. Utang dengan Pihak Lain

Selain dua persoalan di atas, pihak penyedia dana pasti akan menanyakan tentang kondisi utang dengan pihak lain. Jika masih memiliki tanggungan di tempat lain atau sedang bermasalah, maka penyedia dana tidak akan percaya untuk memberikan dananya. Maka dari itu, jangan sampai meminjam uang di tempat lain selagi masih memiliki utang.

✅ BACA JUGA:   5+ Aplikasi Pinjaman Uang Cicilan Bulanan yang Bisa Dipercaya

Tips Menghadapi Pertanyaan Survey Pinjaman

Tentunya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan apabila mendapat pertanyaan saat survey pinjaman dari berbagai pihak. Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan mengenai hal ini. Bagi yang ingin mengikuti survey pinjaman, simak daftar tips berikut ini agar siap saat menghadapinya secara langsung:

1. Ketahui Kondisi Keuangan Pribadi

Sebelum mengikuti survey pinjaman, pastikan untuk memahami kondisi keuangan pribadi. Mulai dari berapa jumlah pemasukan, dari mana saja sumbernya, hingga pengeluarannya untuk apa saja. Semua hal ini harus diketahui dengan pasti agar saat ditanya tidak bingung dan sudah memiliki jawaban yang tepat.

2. Jawab dengan Jujur

Selain harus mengetahui kondisi keuangan pribadi, hal lainnya adalah harus menjawab dengan jujur. Setiap hal harus diisi sesuai dengan kondisi nyata yang dimiliki dan jangan asal mengisi. Jika dilebih-lebihkan atau tidak sesuai dengan keadaan nyata, bisa jadi akan menimbulkan masalah kedepannya. Hal ini tentunya akan memberatkan peminjam dana.

3. Berikan Jawaban yang Pasti

Tips ketiga adalah memberikan jawaban dengan pasti dan tidak berbelit-belit. Dengan modal pada poin pertama hingga kedua di atas, maka jawaban yang diberikan akan jelas dan sesuai keadaan. Jika memberikan jawaban yang sering diubah atau tidak jelas, maka pihak pemberi dana akan mudah tidak percaya. Sehingga dana tidak bisa dicairkan dengan mudah.

Semua hal mengenai jenis pertanyaan saat survey pinjaman beserta tips menjawabnya sudah dijelaskan dengan lengkap di atas. Pastikan untuk mengikuti setiap tipsnya agar tidak bingung saat dihadapkan dengan berbagai pertanyaan di atas. Siapkan segala hal sebelum melakukan wawancara dengan pihak terkait.