Tuesday, 30-11-21
tiba-tiba ada uang masuk ke rekening
tiba-tiba ada uang masuk rekening

Tiba Tiba Ada Uang Masuk ke Rekening, Ini Penyelesaiannya

Bagi pemilik rekening di bank, permasalah yang terjadi tentunya beragam. Salah satu permasalahan yang semakin marak terjadi adalah tiba tiba ada uang masuk ke Rekening tanpa diketahui asalnya. Persoalan semacam ini pernah ditemui beberapa orang dengan bank dan wilayah yang berbeda-beda pula.

Lalu dari mana asal uang yang sebenarnya? Bisa jadi uang tersebut adalah uang yang salah transfer dari orang tertentu. Namun, bisa juga uang yang masuk berasal dari pinjaman online yang secara sengaja menjadikan modus untuk menjerat pengguna. Ikuti pembahasan di bawah ini untuk tahu solusi dan pencegahannya:

Jika Uang Sudah Masuk ke Rekening Pribadi

tiba-tiba ada uang masuk rekening

Apabila tiba tiba ada uang masuk ke rekening tanpa diketahui asalnya, maka hal ini harus diwaspadai. Jangan senang terlebih dahulu. Karena bisa saja uang tersebut digunakan untuk motif-motif yang kurang baik. Maka dari itu jika menemukan permasalahan seperti ini, lakukan tiga hal dasar di bawah ini:

1. Harus Bersikap Tenang

Langkah awal yang harus dilakukan adalah tenang. Meski nominal uang yang masuk dalam jumlah banyak, maka jangan terlalu senang. Justru jika semakin banyak uang yang masuk, harus lebih berhati-hati. Berpikir logis harus dilakukan pada waktu seperti ini agar bisa menghasilkan keputusan yang tepat untuk langkah selanjutnya.

2. Tanyakan pada Bank

Jika sudah selesai mengatur ketenangan, langkah kedua adalah bertanya pada pihak Bank. Bisa menelpon atau mendatangi bank secara langsung. Setelah mengatakan permasalahan yang terjadi, maka pihak bank bisa melakukan pengecekan pada identitas pengirim dana. Pihak bank akan dengan mudah menemukan hal ini.

3. Kembalikan Dana yang Masuk ke Rekening

Langkah terakhir adalah mengembalikan dana yang sudah masuk ke rekening secara penuh. Pengembalian ini bisa dilakukan ke pihak bank, agar nantinya dana tersebut bisa dikembalikan ke orang yang melakukan salah transfer. Namun jika ternyata uang yang masuk digunakan untuk modus yang jahat, pihak bank juga bisa langsung melaporkannya.

✅ BACA JUGA:   6+ Keuntungan Menabung Di Bank BCA Yang Perlu Dipertimbangkan

Pencegahan agar Rekening Tidak Dijadikan Sasaran Pengiriman Dana

Salah satu alasan kenapa dana bisa masuk secara tiba-tiba ke rekening adalah karena Pinjaman Online. Pengiriman dana yang tiba-tiba ini biasanya dijadikan modus jahat untuk menjerat pengguna baru. Agar hal semacam ini tidak terjadi, ada beberapa pencegahan awal yang perlu dipraktikkan. Berikut daftarnya:

1. Selektif dalam Memilih Pinjaman Online

Jenis Pinjaman Online ada dua, yaitu yang legal dan ilegal. Jika memang membutuhkan dana dan harus menggunakan situs pinjaman online, maka pastikan untuk memilih yang legal. OJK sudah menerbitkan pinjaman online mana saja yang bisa digunakan dan yang tidak. Dengan demikian, pengguna bisa memilih dengan mudah.

2. Jangan Membuka Link yang Tidak Jelas Asalnya

Saat ini, modus kejahatan bisa bermacam-macam. Salah satunya adalah menyebarkan link dengan deskripsi yang menarik. Jika menemui hal semacam ini, jangan langsung percaya dan membukanya. Karena bisa jadi link tersebut digunakan untuk menyedot data pribadi yang ada di perangkat pribadi salah satunya nomor rekening.

3. Harus Hati-hati dalam Menyebarkan Data Pribadi

Data pribadi seperti nomor rekening, KTP, nomor pribadi, dan beberapa hal lainnya haruslah dijaga dengan baik. Karena jika dengan mudah dikirim atau diberikan pada orang, maka akan mudah digunakan oleh pihak jahat yang kurang bertanggung jawab. Pinjaman Online ilegal biasanya juga akan memanfaatkan data pribadi pengguna tanpa mematuhi hukum.

Itulah penjelasan mengenai solusi jika tiba tiba ada uang masuk ke rekening beserta cara pencegahannya. Pastikan untuk menerapkan tiga solusi di atas agar dana yang masuk ke rekening bisa dikembalikan. Sedangkan jika ingin mencegah ada dana yang masuk ke rekening, usahakan untuk menerapkan tiga poin pencegahan tersebut.

✅ BACA JUGA:   Tarif SMS Rekening Ponsel CIMB Niaga yang Murah dan Memudahkan