Tuesday, 30-11-21
Prosedur dan Proses Pinjaman KUR BRI
Prosedur dan Proses Pinjaman KUR BRI

Prosedur dan Proses Pinjaman KUR BRI yang Penting untuk Diketahui

Produk pinjaman KUR BRI sudah pasti menjadi salah satu jenis pinjaman yang diketahui oleh banyak orang. Pinjaman ini sangat merakyat dan banyak dimanfaatkan untuk modal kerja. Proses pinjaman KUR BRI juga sebenarnya cukup sederhana dan tak membutuhkan waktu terlalu lama. Kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai prosedur juga proses pengajuan pinjaman dari KUR BRI.

Syarat dan Prosedur Pinjaman KUR BRI

Prosedur dan Proses Pinjaman KUR BRI

Mari mulai dulu dari persyaratan dan prosedur yang harus dijalani oleh debitur. Tentunya agar bisa mendapatkan dana pinjaman dari KUR BRI ini harus dipenuhi semua syarat dan dijalani semua tahapannya. Pada dasarnya syarat serta prosedur yang harus diikuti sangat mudah sehingga tidak akan terasa memberatkan calon debitur.

Berikut adalah persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin mendapat pinjaman KUR BRI:

  • Syarat administrasi berupa KTP, KK, surat izin usaha.
  • Pengajuan dilakukan oleh individu atau perorangan
  • Calon debitur menjalankan usaha dengan memanfaatkan salah satu jenis e-commerce.
  • Tidak menerima program kredit dari bank lain kecuali jenis kredit yang bersifat konsumtif

Jika semua persyaratan ini sudah terpenuhi maka berikutnya calon debitur bisa langsung mengajukan pinjaman. Berikut adalah beberapa tahap pengajuan pinjaman yang harus dilakukan:

  • Akses laman situs kur.bri.co.id.
  • Pilih menu Ajukan Pinjaman.
  • Lakukan login bagi yang sudah memiliki akun dan buat akun jika belum terdaftar dengan memilih opsi Daftar.
  • Akan muncul laman pernyataan dari BRI, langsung klik menu Setuju
  • Lakukan pengisian formulir pengajuan pinjaman

Selain melakukan pengajuan pinjaman secara online, calon debitur juga bisa mengurusnya secara offline. Langsung saja datang ke kantor cabang BRI terdekat. Di sana bisa langsung diutarakan kepada customer service bahwa ingin mengajukan KUR BRI. Pastikan untuk membawa syarat administrasi dan mengisi formulir dengan lengkap.

✅ BACA JUGA:   Cara Pinjaman Uang di Bukalapak Mudah, Cepat, dan Aman!

Proses Pengajuan hingga Cair KUR BRI

Begitu calon debitur mengajukan pinjaman, maka bank akan segera melakukan pemrosesan. Proses pinjaman KUR BRI mulai dari pengajuan hingga pencairan tergolong mudah. Berikut adalah beberapa tahap pemrosesan pinjaman KUR BRI:

1. Verifikasi

Pihak bank nantinya akan melakukan verifikasi data pengajuan pinjaman dari calon debitur. Jika memang semua persyaratan memenuhi maka verifikasi data bisa dilakukan dengan mudah dan dinyatakan berhasil. Penting sekali untuk memastikan bahwa semua data yang sudah dikumpulkan terjamin benar dan akurat.

2. Survei

Setelah selesai verifikasi data, maka pihak bank biasanya akan melakukan survei. Survei bank ini dilakukan untuk melihat kondisi calon debitur secara langsung. Nantinya lewat survei ini bisa ditarik kesimpulan apakah memang yang bersangkutan layak menerima pinjaman dana ataukah tidak.

3. Pencairan Pinjaman

Setelah proses verifikasi dan survey berjalan lancar, maka bisa dinyatakan bahwa calon debitur memang layak mendapat pinjaman. Di tahap ini, uang pinjaman dapat segera dicairkan dan diserahkan kepada debitur. Ini tentu menjadi tahap yang paling dinantikan oleh para debitur karena akhirnya bisa menerima uang yang dipinjam.

Perlu diketahui bahwa proses pencairan uang bisa mencapai waktu 7 sampai 14 hari kerja setelah survey dilakukan. Anda sebaiknya bersabar dan menunggu proses pencairan pinjaman dari Pihak Bank. Selama sudah memenuhi syarat dan mengikuti prosedur, proses pencairan akan berjalan lancar tanpa hambatan.

Seperti itulah proses pinjaman KUR BRI. Tahapan yang harus dilalui memang cukup mudah namun Anda tetap harus mempertimbangkan keputusan pinjaman ini dengan hati-hati. Pastikan untuk melakukan perhitungan secara cermat agar pinjaman yang diambil bisa dikembalikan lagi tepat waktu dan Anda tidak mengalami gagal bayar.

✅ BACA JUGA:   Cara Pinjaman Tunai Kredivo Sekaligus Syarat Dan Tahapan Cicilannya