Tuesday, 30-11-21
Cara Cek Rekening BCA Aktif atau Tidak
Cara Cek Rekening BCA Aktif atau Tidak

Cara Cek Rekening BCA Aktif atau Tidak dengan Beberapa Metode

Memiliki rekening tentunya akan memberi banyak manfaat kepada pemiliknya dalam hal transaksi keuangan. Namun terkadang, rekening yang dimiliki sudah jarang digunakan sehingga tidak tahu statusnya masih aktif atau sudah tidak. Misalnya saja Bank BCA. Jika ingin tahu cara cek Rekening BCA aktif atau tidak, maka pembahasan ini patut untuk disimak.

Rekening yang sudah jarang digunakan bisa jadi sudah ditutup oleh pihak bank. Untuk tahu apa statusnya, setidaknya ada tiga metode yang bisa diaplikasikan oleh pemilik rekening. Semua cara tersebut akan diuraikan di bawah ini secara rinci. Selain itu, penyebab hal tersebut juga akan diuraikan secara detail. Berikut penjelasannya:

Cara Cek Status Rekening

vpn.co.id-bca
Cara Cek Rekening BCA Aktif atau Tidak

Cara cek rekening BCA aktif atau tidak, pemilik rekening harus melakukan beberapa cara di bawah ini. Ada cara yang membutuhkan dan, ada juga cara langsung fokus menghubungi pihak bank. Penasaran apa saja caranya dan bagaimana langkahnya? Berikut ini penjelasan lengkap dengan penjelasannya secara detail:

1. Coba Transfer Dana Antar Bank

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mencoba transfer antar bank. Lakukan pengiriman dana dari bank selain BCA dengan nominal yang tidak ditentukan. Apabila uang masih masuk ke rekening yang ingin dicek tersebut, maka statusnya masih aktif. Sedangkan jika tidak ada uang yang masuk, maka statusnya sudah tidak aktif.

Kenapa harus dari bank lain selain BCA? Karena jika transfer dari BCA, maka uang akan tetap masuk meski statusnya sudah tidak aktif. Cara ini tergolong mudah untuk dilakukan. Asal memiliki orang terdekat dengan rekening berbeda, maka sudah bisa mempraktikkannya. Selain itu, cara ini tidak memerlukan banyak tenaga.

2. Telfon Pihak Bank

Selain cara pertama di atas, cara kedua adalah dengan menelpon pihak bank. Jika cara pertama tidak bisa dilakukan karena tidak ada dana bank lain yang bisa digunakan, maka bisa melakukan cara ini. Telfon saja ke nomor customer service BCA, dan tanyakan apakah status rekening yang dimiliki masih aktif atau tidak.

✅ BACA JUGA:   Dua Cara Cek Nomor Rekening PIP Paling Mudah untuk Anda!

3. Datangi Bank Secara Langsung

Jika tidak ingin keluar pulsa dan sedang berada dekat dengan kantor BCA, maka cara ketiga ini bisa diaplikasikan. Langsung saja mendatangi bank dan ambil nomor antrian. Kemudian datangi pegawai bank yang bertugas dan tanyakan perihal status rekeningnya. Maka pihak bank akan memberitahu informasi yang dibutuhkan.

Penyebab Rekening Tidak Aktif

Penyebab utama yang menyebabkan rekening tidak aktif adalah karena tidak digunakan. Jangka waktu yang menjadi acuan utama adalah tiga bulan dan enam bulan. Jika dalam waktu tiga bulan tidak digunakan bahkan saldonya nol, maka pihak bank bisa menutup rekening otomatis tanpa konfirmasi ulang.

Sedangkan jika rekening tidak digunakan selama enam bulan namun masih ada Saldo di rekening, maka ini disebut status pasif. Maksud dari status pasif adalah tidak digunakan sama sekali tapi masih membayar biaya administrasi setiap bulan dari potongan saldo. Pada permasalahan ini, pihak bank masih bisa membuka rekeningnya lagi.

Jika pemilik rekening merasa memiliki kondisi seperti ini, maka langsung saja menghubungi pihak bank untuk mengaktifkan lagi rekeningnya. Maka dari itu, pastikan untuk memiliki rekening tidak terlalu banyak agar bisa digunakan secara efektif. Sehingga tidak terjadi status non aktif yang bisa menyebabkan pembuatan rekening baru.

Itulah penjelasan mengenai cara cek Rekening BCA aktif atau tidak beserta penyebab terjadinya. Agar tidak mengalami permasalahan semacam ini, pastikan untuk menggunakan rekening secara berkala. Atau kalau tidak, pastikan masih ada saldo yang bisa digunakan untuk membayar administrasi bulanan agar rekening tetap aktif.