Tuesday, 30-11-21
Cara Transfer Uang Dari Linkaja Ke Rekening BRI

Apakah Bisa Membuat Rekening BRI di Luar Kota, Inilah Jawabannya!

Ada banyak sekali pertanyaan yang sering dilontarkan orang di sosial media terkait layanan dari Bank BRI. Salah satunya ialah apakah bisa membuat rekening BRI di luar kota? Jika bisa, apa saja persyaratannya? Penasaran? Lebih baik, baca saja ulasan menarik yang telah dijabarkan di bawah ini dengan seksama agar mendapat jawabannya!

Untuk menjawab pertanyaan, apakah bisa membuat rekening bank BRI di luar kota tentunya akan sangat relatif. Karena hal ini bergantung pada situasi dan keadaan orang yang melakukan pembuatan rekening di Bank BRI. Khususnya, berkaitan dengan pemenuhan syarat dan ketentuan khusus yang diberlakukan oleh pihak Bank BRI, yang disebutkan berikut ini:

apakah bisa membuat rekening bri di luar kota

1. Menyerahkan KTP Asli dan Dokumen Identitas Pendukung

Hal pertama yang wajib disiapkan oleh setiap nasabah dalam pembukaan rekening bank BRI di luar kota, ialah KTP asli. Ini dipakai sebagai upaya verifikasi keabsahan identitas dari nasabah yang diperlukan oleh pihak bank. Selain itu, biasanya juga perlu untuk melampirkan dokumen penunjang lain semisal NPWP, jika nasabah yang bersangkutan memilikinya.

2. Membayar Uang Setoran Awal Minimal

Kedua, calon nasabah juga wajib membayar sejumlah uang sebagai setoran awal kepada bank BRI. Besarannya sangat relatif, tergantung pada jenis layanan yang dikehendaki oleh masing-masing, semisal:

  • Bila menghendaki jenis tabungan Simpedes, maka biaya setoran awal yang diperlukan ialah Rp.100.000;
  • Lalu minimal sekira Rp. 250.000 untuk yang menghendaki jenis rekening tabungan Britama;
  • Sekira minimal Rp. 100.000 untuk jenis layanan rekening Britamax;
  • Berikutnya ada layanan BRI Junio dengan ketentuan setoran awal paling kecil senilai Rp. 150.000;
  • Jenis layanan Britama bisnis dengan ketentuan setoran awal senilai 1 juta rupiah;
  • Kemudian ada BRI Simple yang dapat diakses oleh siswa yang kebetulan sekolah di luar kota, dengan setoran awal lebih kecil, yakni minimal Rp. 5.000; serta
  • Berbagai pilihan setoran awal minimal lain yang besarannya ditentukan berdasarkan jenis layanan yang diberikan dan juga keinginan dari masing-masing calon nasabah yang melakukan pembukaan rekening.
✅ BACA JUGA:   6+ Keuntungan Menabung Di Bank BCA Yang Perlu Dipertimbangkan

3. Mengurus Surat Keterangan Domisili

Selanjutnya, bagi pembuka rekening di luar kota juga wajib untuk melakukan pengurusan Surat Keterangan Domisili untuk dilampirkan dalam kelengkapan dokumen persyaratan. Surat keterangan ini dapat diperoleh dari instansi kelurahan atau pemerintah desa domisili, di mana pembukaan rekening dilakukan. Sifatnya sangat penting, sebagai penguat identitas agar pihak bank mudah melakukan verifikasi.

4. Melampirkan Rekomendasi dari Instansi

Selain pengurusan Surat Keterangan Domisili, lampiran dapat digantikan dengan Surat Keterangan Rekomendasi dari perusahaan. Lazimnya, seseorang tinggal meminta rekom dari perusahaan tempat bekerja, dengan disertai tanda tangan atau stempel resmi. Maka, ini sudah dianggap memenuhi dan tidak perlu lagi untuk melakukan pengurusan keterangan domisili yang disyaratkan pada poin yang ketiga.

5. Mengisi Formulir dan Menyerahkan ke Kantor BRI

Terakhir, bila poin-poin yang disebutkan di atas sudah berhasil disiapkan secara lengkap, maka yang bersangkutan tinggal mendatangi kantor bank BRI terdekat. Setelah sampai, biasanya akan diminta untuk mengisi formulir dan menyerahkan berkas persyaratannya. Kemudian, tinggal menunggu langkah verifikasi pihak bank, dan bila tidak ada masalah, rekening baru akan segera diserahkan.

Nah, bagaimana? Jawaban pertanyaan apakah bisa membuat rekening BRI di luar kota yang dihadirkan di atas sudah cukup jelas, bukan? Jadi, jika memang menghendaki untuk membuka rekening, baiknya segera siapkan dulu persyaratannya sebelum mendatangi kantor bank BRI terdekat. Agar segala mekanisme penerbitan rekeningnya, tidak mengalami kendala dan harus bolak-balik nantinya!